Fahizal, Mahmudi (2023) Identitas Visual Taman Apung Mas Kemambang Sebagai Ikon Taman Kota Purwokerto. Undergraduate Thesis thesis, Institut Teknologi Telkom Purwokerto.
Text
Cover.pdf Download (911kB) |
|
Text
Abtrak.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (286kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ruang terbuka hijau (RTH) atau taman kota merupakan salah satu elemen penting dari tata ruang kota yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem, meningkatkan kualitas lingkungan, dan menyediakan fasilitas rekreasi bagi masyarakat. Setiap wilayah di perkotaan harus memiliki 30% RTH dengan presentase sebanyak 20% digunakan di ruang publik dan 10% untuk privat . Di kota Purwokerto, RTH juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan ekosistem lokal dan menyediakan fasilitas rekreasi bagi masyarakat. Salah satu RTH atau taman kota yang ada di Purwokerto adalah Taman Apung Mas Kemambang yang merupakan area rekreasi indah dan memiliki berbagai macam fasilitas yang lengkap dibanding RTH lainnya di Purwokerto. Renovasi yang dilakukan Taman Apung Mas Kemambang tidak diiring dengan pembuatan identitas visual. Sehingga banyak dari masyarakat yang kurang mengetahui taman ini setelah direnovasi. Identitas visual berupa logo, maskot, dan media pendukung yang dapat mewakili Taman Apung Mas Kemambang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap taman tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul "Identitas Visual Taman Apung Mas Kemambang Sebagai Ikon Taman Kota Purwokerto" dengan tujuan untuk menciptakan identitas visual yang menarik dan sesuai dengan karakteristik Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dengan teknik purposive sampling, dokumentasi, dan studi literatur. Dilakukan analisis SWOT, USP, dan positioning untuk menganalisis dan mencari solusi atas permasalahan yang ada. Dari hasil analisis tersebut, ditemukan bahwa positioning Taman Apung Mas Kemambang adalah sebagai taman kota yang memiliki konsep taman terapung dengan bangunan kincir angin sebagai ikonnya, serta menawarkan nuansa pedesaan. Oleh karena itu, konsep perancangan yang digunakan adalah untuk menonjolkan ciri khas unik taman tersebut. Konsep itu dicapai dengan cara menggabungkan penyederhanaan bentuk dari elemen-elemen yang dapat merepresentasikan Taman Apung Mas Kemambang seperti bangunan kincir angin, danau apung, dan alam yang digunakan dalam logo dan elemen identitas visual lainnya. Selain itu, dibuat juga brand guidelines sebagai pedoman utama untuk menjaga konsistensi penggunaan identitas visual baik untuk keperluan kantor maupun promosi. Identitas visual yang telah dirancang ulang kemudian diaplikasikan ke berbagai jenis media seperti maskot, signage, perlengkapan untuk staff (T-Shirt, topi) dan merchandise (totebag, dan stiker). Kata Kunci: Identitas visual Taman Apung Mas Kemambang, Logo, Taman apung, Taman kota, RTH
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Faculty of Industrial Engineering and Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | repository staff |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:50 |
URI: | http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/10675 |
Actions (login required)
View Item |