Yudi, Abdurrahman and Gustalika, Muhamad Azrino (2023) Aplikasi Augmented Reality dengan Marker Based dan Markerless Tracking sebagai Pengenalan Budaya Candi Mendut. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7 (2). pp. 859-871. ISSN i2541-1330 (Submitted)
Text (cover, daftar isi, editorial, jurnal)
(MAG) Cover sampai jurnal.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (bukti korespondensi)
(MAG)BUKTI KORESPONDENSI JURNAL REMIK.pdf Download (1MB) |
|
Text (bukti plagiarisme)
(MAG) bukti plagiarisme.pdf Download (3MB) |
Abstract
Budaya menjadi suatu cara hidup yang terus tumbuh didalam sekumpulan orang dan diwariskan dari generasi ke generasi sehingga terbentuk komponen – komponen seperti sistem agama, adat istiadat, bahasa, busana, karya seni hingga bangunan. Penyebaran virus saat ini akibat perjalanan dan ketidakmampuan pihak berwenang untuk tidak menutup wisata tertentu atau membatasi jumlah pengunjung, serta mengabaikan peraturan kesehatan, jarak sosial, dan tinggal di rumah sebab berdampak terhadap kehidupan yang lebih luas. Teknologi Augmented Reality ini memakai metode marked based tracking dan markerless based tracking sebagai metode yang diterapkan bahkan kedua metode ini memiliki keunggulan dan kelemahannya. Pada metode marked based tracking memiliki kelebihan yakni keberhasilannya sangat besar sebab dipengaruhi oleh cahaya yang redup dan jarak pada saat scan untuk menampilkan objek 3 dimensi (3D) tersebut sementara itu kelebihan dari metode markerless based tracking yakni tidak harus menggunakan sebuah marker untuk menampilkan objek digital sehingga kedua marker diatas akan dipakai pada penelitian ini sebab didasari dengan berbagai macam penelitian yang didalamnya terdapat metode marker yang sangat baik dipakai untuk media pengenalan budaya candi ini yang menampilkan sebuah objek 3D berupa Candi Mendut dan jika ditekan akan muncul sebuah informasi tentang Candi tersebut. Hasil penelitian ini didapatkan kriteria usability yang baik dengan hasil 79,28%. Aplikasi ini dapat meningkatkan wawasan, adaptasi teknologi dan mobilitas bagi pengguna terhadap Budaya Candi Mendut ketika pandemik maupun new normal bahkan sampai keadaan normal sekaligus dalam penggunaan teknologi Augmented reality
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Informatics > Informatics Engineering |
Depositing User: | Muhamad Azrino Gustalika |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 01:52 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 01:52 |
URI: | http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9922 |
Actions (login required)
View Item |