Audrey, Hillary and Gustalika, Muhamad Azrino and Nur, Yohani Setiya Rafika (2022) Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Augmented Reality Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (5). pp. 1337-1345. ISSN 2715-7393
Text (cover, daftar isi, editorial, jurnal)
(MAG)cover sampai jurnal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (bukti koresponden)
(MAG) BUKTI KORESPONDENSI JURNAL JURIKOM.pdf Download (1MB) |
|
Text (bukti plagiarisme)
(MAG) bukti plagiarisme.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengenalan huruf hijaiyah hanya dilakukan secara manual dengan menggunakan buku Iqra’. Pengenalan dilakukan dengan cara membaca huruf serta melafalkannya, sehingga proses pengenalannya masih kurang menarik, terutama bagi anak-anak yang baru mulai belajar Al-Qur’an dan mengenal huruf hijaiyah. Diperlukan suatu pembelajaran yang interaktif berupa audio visual sehingga anak cenderung lebih cepat tanggap, salah satu faktor pendukung pembelajaran interaktif adalah adanya media atau fasilitas pembelajararan yang menggunakan teknologi mobile-learning (M-learning). Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak dengan menggunakan aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality, yang dapat dioperasikan menggunakan smartphone Android. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan di TPA Al-Barokah Baturraden. Penelitian ini mengacu pada metode pengembangan multimedia yaitu multimedia development life cycle (MDLC) sebagai model sistem dalam membangun aplikasi. Hasil output pada aplikasi ini yaitu aplikasi akan menampilkan video pada layar smartphone yang berisikan materi pembelajaran huruf hijaiyah. Pada hasil pengujian blackbox yaitu pengujian fungsional memperoleh persentasi 100% yang berarti fitur pada aplikasi berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuan perancangan. Pada pengujian usability menggunakan perhitungan system usability scale memperoleh skor 81,71 yang berarti mendapat kategori acceptable (high) untuk acceptability atau tingkat penerimaan, grade B untuk grade scale atau tingkatan aplikasi dan peringkat excellent untuk adjective rating atau rating aplikasi yang menunjukan bahwa aplikasi dapat diterima oleh penggunannya. Dengan menggunakan aplikasi berbasis Augmented Reality, santri dapat mepelajari huruf hijaiyah secara interaktif dan menarik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Informatics > Informatics Engineering |
Depositing User: | Muhamad Azrino Gustalika |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 01:56 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 01:56 |
URI: | http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9916 |
Actions (login required)
View Item |