Fernandez, Sandhy Jurnal PKM Produk UMKM. Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Cikakak Berbasis Teknologi.
Text (Berkas Jurnal PKM PHB)
Berkas Jurnal.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Pada saat ini strategi pemasaran berbasis teknologi merupakan suatu alternative pilihan masyarakat untuk berbelanja secara online. Metode yang dipakai dalam penjualan yang digunakan untuk pemasaran sebelumnya seperti melalui media whatsapp/ Instagram. Dengan adanya marketplace sebagai media penjualan mampu membuat sistem pemasaran menjadi lebih efektif, efisien dan mudah sehingga Masyarakat Desa Cikakak dapat mengenal marketplace sebagai media penjualan online. Tujuan dari pengabdian ini merupakan untuk menambah wawasan masyarakat Desa Cikakak dari fungsi media promosi dan penjualan elektronik untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam memperkenalkan product UMKM ke dalam media marketplace. Jenis pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara pelatihan langsung ke Desa Cikakak. Hasil pengabdian berupa pembuatan toko online di marketplace dengan menggunakan media promosi seperti Shopee, Tiktokshop dan Google My Business yang dapat membantu serta mempermudah mengurangi biaya yang dikeluarkan, dapat menyampaikan informasi secara detail dan cepat mengenai produk kepada pelanggan, sehingga produk dari UMKM desa Cikakak dapat dikenal lebih luas. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu Desa Cikakak untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal serta dapat bersaing dengan toko offline maupun online yang sejenis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Sandhy Fernandez |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:45 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:45 |
URI: | http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9665 |
Actions (login required)
View Item |