Analisis Sentimen Produk Skincare Scarlett Whitening Dengan Brand Ambassador Exo Menggunakan Metode Naive Bayes

Rahajeng, Audi Nurianingrum (2024) Analisis Sentimen Produk Skincare Scarlett Whitening Dengan Brand Ambassador Exo Menggunakan Metode Naive Bayes. Undergraduate Thesis thesis, Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

[img] Text
Cover.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Abstract (Inggris).pdf

Download (34kB)
[img] Text
Abstrak (Indonesia).pdf

Download (35kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Kebutuhan akan produk perawatan kulit (skincare) semakin meningkat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk lokal yang sedang ramai digunakan adalah Scarlett Whitening yang pada 14 September 2023 silam melakukan kolaborasi dengan grup EXO sebagai Brand Ambassador untuk mempromosikan produknya. Pada kasus ini, tanggapan masyarakat Indonesia terhadap kolaborasi ini cukup beragam. Untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat, perlu dilakukan suatu proses berupa analisis sentimen. Penelitian ini menggunakan data komentar dari postingan promosi pada channel resmi EXO di platform media sosial YouTube. Dengan banyaknya komentar mengenai produk Scarlett, diperlukan teknik analisis sentimen untuk mengklasifikasikan komentar pengguna ke dalam kelompok positif, negatif, atau netral. Penelitian yang dilakukan untuk mengklasifikasi komentar menggunakan algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes menghasilkan nilai Accuracy adalah 73%, Precission adalah 79% , Recall adalah 79%, dan F1 Score adalah 75%. Sedangkan pada algoritma Support Vector Machine menghasilkan nilai Accuracy adalah 72%, Precission adalah 52% , Recall adalah 72%, dan F1 Score adalah 60%. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, disimpulkan bahwa algoritma Naïve Bayes lebih unggul dan tepat digunakan dalam analisis sentimen komentar pengguna YouTube di konten EXO yang mempromosikan produk Scarlett Whitening. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Naïve Bayes , Brand Ambassador, Scarlett Whitening, Skincare

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Information System
Depositing User: repository staff
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:04
Last Modified: 20 Aug 2024 04:04
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item