Analisis Minat Penggunaan E-Wallet Gopay dengan Pendekatan Model UTAUT2

Lishobrina, Lina Fatimah and Handriadma, Hanu and Zebua, Arlan Lapiga Bangun (2023) Analisis Minat Penggunaan E-Wallet Gopay dengan Pendekatan Model UTAUT2. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi (ubl.ac.id), 13 (1). pp. 1-16. ISSN e-ISSN 2745-7265 p-ISSN 2088-5555

[img] Text
2977-7655-4-PB (1).pdf

Download (604kB)
Official URL: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/expert/article/v...

Abstract

Perkembangan teknologi dan ekonomi mengakibatkan pola perilaku konsumen berubah dari yang semula cashless menjadi cashless. Maraknya penggunaan transaksi e-wallet cashless ini disebabkan munculnya banyak penyedia layanan, salah satunya Gopay. Pola perilaku konsumen dalam penggunaan teknologi dapat diukur dengan beberapa model. The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) digunakan sebagai model. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penggunaan layanan e-wallet oleh konsumen, minat mereka dalam menggunakan layanan tersebut, serta niat perilaku konsumen. Dalam penelitian ini, digunakan model UTAUT2 untuk menganalisis perilaku user e-wallet. Penelitian ini mengukur perilaku penggunaan dengan menggunakan 6 variabel independen, yaitu performance expectations, effort expectations, social influence, conditions of support, motivation dan hedonic, terhadap perilaku penggunaan variabel dependen dengan menguji pengaruh variabel perantara terhadap perilaku. IPMA juga digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan Penelitian yang bertujuan untuk analisis antara masing-masing variabel independen dengan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang mahasiswa. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa performance expectations, effort expectations, social influence, conditions of support, motivation dan hedonic tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan, namun niat perilaku terbukti memengaruhi perilaku penggunaan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Industrial Engineering and Design > Digital Bussiness
Depositing User: Lina Fatimah Lishobrina
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:27
Last Modified: 29 Aug 2023 02:27
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item