Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Reggy, Ayunda Agustina and Gustalika, Muhamad Azrino (2022) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Bulletin of Information Technology (BIT), 3 (4). pp. 323-331. ISSN 2722-0524

[img] Text (cover, daftar isi, editorial, jurnal)
(MAG)cover,editor,daftar isi, jurnal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bukti koresponden)
(MAG)BUKTI KORESPONDENSI JURNAL BIT.pdf

Download (815kB)
[img] Text (bukti plagiarisme)
(MAG) bukti plagiarisme.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.fkpt.org/index.php/BIT/article/vie...

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, semakin lengkap dengan adanya fintech. Fintech yang sedang berkembang di Indonesis yaitu E-Wallet. Beberapa aplikasi pendukung dalam penggunaan E-Wallet diantaranya LinkAja, OVO, ShopeePay, DANA, dan GoPay. Menurut hasi riset Daily Social LinkAja termasuk E Wallet yang masih sedikit pengguna dan memiliki rating rendah pada Google Play Store jika dibandingkan dengan E Wallet lainnya. Berbagai macam keluhan disampaikan oleh pengguna LinkAja pada kolom komentar Google Play Store. Selain itu keluhan lain juga dirasakan oleh pengguna LinkAja seperti, gagal upgradae, pelayanan yang tidak sesuai, saldo yang terpotong, dan sebagainya. Keluhan yang disebutkan, mengarah pada kualitas sistem dan layanan yang diberikan LinkAja, sedangkan tingginya kualitas layanan yang diberikan mempengaruhi tingginya tingkat kepuasan pengguna. Dengan adanya berbagai macam masalaha dan keluhan terkait LinkAja, maka perlu dilakukan evaluasi user experience agar LinkAja dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu model metode untuk pengukuran terhadap user experience dan akan digunakan pada penelitian ini yaitu User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini menghasilkan pengukuran pada tiap aspek seperti Attractiveness (1,552), Perspicuity (1,667), Efficiency (1,225), Dependability (1,233), Stimulation ( 0,958) memperoleh nilai evaluasi positif sedangkan Novelty (0,125) memperoleh nilai evaluasi netral, dan hasil benchmark menunjukan aspek Efficiency, Perspicuity, Dependability, Attractiveness, masuk dalam kategori “Above Average”, Stimulation masuk dalam kategori “Below Average”, Novelty masuk dalam kategori “Bad”. Perlu dilakukan perbaikan pada aspek Novelty dan Stimulation. Berdasarkan hasil data, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil mengevaluasi aplikasi LinkAja menggunakan UEQ

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: Muhamad Azrino Gustalika
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:52
Last Modified: 23 Aug 2023 01:52
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9925

Actions (login required)

View Item View Item