Penerapan Metode System Usability Scale dalam Pengujian Rancangan Mobile Apps Gamification Tari Rakyat di Indonesia

arief, Rais Bahtiar and Gustalika, Muhamad Azrino (2022) Penerapan Metode System Usability Scale dalam Pengujian Rancangan Mobile Apps Gamification Tari Rakyat di Indonesia. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6 (1). pp. 491-499. ISSN 2548-8368

[img] Text (cover, daftar isi, editorial, jurnal)
(MAG)Cover,Editorial,Daftar isi,Jurnal.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (bukti submit, proses review, accepted)
(MAG)Bukti Submit-proses review-diterima.pdf

Download (781kB)
[img] Text (bukti plagiarisme)
(MAG) bukti plagiarisme.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mi...

Abstract

Indonesia memiliki banyak tari-tarian di tiap daerah. Tari tradisional dan tari rakyat meerupakan tari yang ada di Indonesia sebelum berkembangnya tari kontenporer. Sebagai salah satu budaya local di masing-maisng daerah kesenian tari dimasukan dalam muatan lokal pada jenjang sekolah dasar sampai menengah atas. Kurikulum yang berubah-ubah membuat edukasi budaya lokal dalam dunia Pendidikan agak terganggu beberapa waktu yang lalu. Selain faktor tersebut, kurangnya media pembelajaran yang interaktif sedikitnya mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pola pembelajaran tari rakyat sebagai budaya lokal yang ada di Indonesia melalui aplikasi mobile yang interaktif. Selain itu penelitian ini digunakan untuk membantu melestarikan dan mengenalkan kesenian tari rakyat masing-masing daerah kepada siswa-siswa di Indonesia. Gamification dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan pembelajaran tari rakyat. Hal yang biasanya terjadi adalah kurangnya inovasi media pembelajaran yang konvensional untuk menarik minat siswa dalam mempelajari budaya lokal khususnya tari rakyat sebagai mata pelajaran muatan lokal. Kegiatan ini merupakan edukasi tari rakyat tentang sejarah, asal daerah dan Gerakan tari. Hasil dari aplikasi ini adalah permainan tari rakyat di Indonesia. Ada beberapa level yang harus dilalui untuk dapat menyelesaikan permainan ini. Setiap musim akan diambil 3 orang yang mendapatkan reward. Reward yang kami rancang berdasarkan hadiah yang disukai oleh siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Berdasarkan hasil evaluasi System Usabillity Scale pada prototype yang dirancang mendapatkan skore sebesar 86.25% dan dianggap telah memenuhi unsur usability

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: Muhamad Azrino Gustalika
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:58
Last Modified: 23 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item View Item