Usability testing pada M-Commerce menggunakan kuisioner USE(Usefullness, Satisfaction, and Ease of use)dan perfomance test(studi kasus : TOKOPEDIA)

Fuad Hasan, Thowaf and Wahyuningrum, Tenia and Cahya Wardhana, Ariq (2022) Usability testing pada M-Commerce menggunakan kuisioner USE(Usefullness, Satisfaction, and Ease of use)dan perfomance test(studi kasus : TOKOPEDIA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9 (4). pp. 829-838. ISSN 2355-7699

[img] Text
JTIIK-USABILITY TESTING PADA M-COMMERCE MENGGUNAKAN KUESIONER USE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JTIIK-plagiarisme-USABILITY TESTING PADA M-COMMERCE MENGGUNAKAN KUESIONER USE.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/vie...

Abstract

M-commerceadalah kegiatan membeli dan menjual produk atau layanan menggunakan perangkat seluler. Tokopedia adalah salah satu e-commerceyang saat ini menempati peringkat 3 versi Playstorepada perangkat berbasis android dan peringkat 2 versi Appstorepada perangkatberbasis IOS. Tokopedia mempunyai fitur lain seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pemesanan tiket transportasi, angsuran kredit, investasi dan asuransi dan lain-lain. Tingginya peringkat dan banyaknya fitur pastinya diimbangi dengan baiknya usabilityyang dirasakan pengguna pada aplikasi tersebut. Untuk mengetahui usabilitysebuah aplikasi perlu dilakukan UsabilityTesting pada aplikasi tersebutsehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan fitur dan kenyamanan aplikasi.Pada faktor UserInterface dan User Experience (UI/UX), usabilityjuga salah satu aspekpenting bagi developer untuk pengembangan aplikasi atau pembaruan yang akan datang. Penelitian ini melakukanusabilitytesting dengan proportionalrandomsampling pada populasi mahasiswa dengan sistem operasi android dan IOS. Penelitian ini diperoleh nilai usabilityaplikasi Tokopedia sebesar 4,14 yang berarti usabilityaplikasi Tokopedia bisa dikatakan baik dan nyaman digunakan oleh user. Pengalaman antara pengguna android dan IOS juga sama-sama menghasilkan nilai yang baik dibuktikan dengan hasil Independent Sample T-Testsebesar 0, 292 sedangkan pengalaman pengguna laki-laki dan perempuan juga sama-sama mendapatkan pengalaman baik dengan hasil Independent Sample T-Testsebesar 0, 756. Persentase aspek pada kuesioner USE didapatkan sebesar 84% untuk aspek system, 83% untuk aspek userdan 82% untuk aspek interaction. Penelitian juga memperoleh hasil waktu yang dibutuhkan, jumlah error, tingkat keberhasilan,efisiensi waktu dan efisiensi relatif keseluruhan sebagai data pendukung. Kata Kunci: UI/UX, UsabilityTesting, Kuesioner USE

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics
Depositing User: Tenia Wahyuningrum
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:28
Last Modified: 07 Sep 2022 06:28
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item View Item