Pengujian User Interface Pada Website Pemerintah Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Zalsa, Dwi Nabilla Sari (2020) Pengujian User Interface Pada Website Pemerintah Kabupaten Banyumas Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Undergraduate Thesis thesis, Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Adanya Website sebagai media informasi sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan. Jadi dalam pengaksesannya, website tersebut harus melakukan kerja dengan baik agar setiap informasi yang ada dapat dengan mudah didapatkan. Website Pemerintah Kabupaten Banyumas yang beralamatkan pada www.banyumaskab.go.id merupakan portal resmi dari Kabupaten Banyumas untuk menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat Kabupaten Banyumas tentang informasi seputar kegiatan yang ada pada Kabupaten Banyumas. Kemudahan pada tampilan yang dimiliki oleh website tersebut menjadi awal dilakukannya penelitian ini. Langkah awal dalam memulai penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada salah satu pengelola website Banyumaskab, pada hasil wawancara tersebut ditemukan masalah bahwa website Banyumaskab tersebut memiliki tampilan user interface yang kurang user friendly. Setelah menemukan permasalahan awal dari hasil wawancara dengan pihak pengelola website, penelitian dilanjutkan dengan melakukan evaluasi menggunakan suatu metode, yaitu metode evaluasi heuristik. Dimana metode evaluasi heuristik ini merupakan metode yang baik untuk menemukan masalah besar dan kecil masalah antarmuka pada website. Metode ini menggunakan user expert untuk menjadi evaluatornya dan dalampenelitian ini, evaluator yang digunakan sebanyak 3 orang. Dalam proses evaluasi yang dilakukan oleh evaluator, ditemukan sebanyak 47 permasalahan yang ada pada website Banyumaskab. Dari permasalahan tersebut diuraikan menjadi 11 permasalahan urgensi sesuai dengan hasil nilai severity rating yang telah diberikan oleh seluruh evaluator. Ssetelah menemukan seluruh permasalahan, akhirnya dilakukan perbaikan pada 11 permasalahan urgensi tersebut sesuai dengan saran oleh evaluator. Setelah melakukan perbaikan pada 11 permasalahan tersebut, dilakukan evaluasi pasca perbaikan dengan hasil masih ada beberapa permasalahan yang masih harus diperbaiki, seperti membuat tombol menu utama berada di atas, mengubah background menjadi putih, dan menambahkan hover pada opsi menu ‘Layanan Masyarakat’. Kata kunci: User Interface, Website, Evaluasi Heuristik, Severity Rating

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: pustakawan ittp
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:16
Last Modified: 03 Aug 2021 01:16
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item View Item