LOGO KOTA JOGJA ‘JOGJA ISTIMEWA’

Kusuma, Monica Revias Purwa (2018) LOGO KOTA JOGJA ‘JOGJA ISTIMEWA’. Harmoni, VIII (2). pp. 12-29. ISSN 2087-9865

[img] Text
Jurnal Harmoni Vol.VIII No.2 Juni 2018 Hal 12-29.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Suatu logo sebuah kota pada city branding diperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan melalui pendekatan budaya daerah tersebut dan penempatan posisi (positioning) historis daerah tersebut. Yogyakarta sebagai salah satu kota besar yang mempunyai predikat Daerah Istimewa di Indonesia mempunyai keberagaman destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Di era globalisasi sekarang ini kota Jogja tak terelakkan harus mampu memberi pesona lebih dalam membangun citra kotanya agar tidak tersaingi oleh kota lain di Indonesia. Penerapan city branding pada kota Jogja digagas untuk memperbaharui citra untuk menyesuaikan semangat jaman yang ada saat ini. Salah satu elemen yang di-rebranding yaitu logo dan tagline kota Jogja. Logo kota Jogja Istimewa tidak terbentuk begitu saja tanpa ada makna-makna yang bersifat kesejarahan ikut membentuk logo tersebut. Penelitian kualitatif ini mencoba mencari makna-makna yang terkandung pada logo tersebut dengan cara menelaah hal-hal yang bersifat tekstual, konseptual, dan simbolik menggunakan pendekatan Ikonologi-Ikonografi yang dikemukakan oleh Erwin Panowsky dalam bukunya yang berjudul “Meaning in The Visual Art”. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah makna ekspresional yang muncul pada logo tersebut adalah prinsip kesederhanaan tetapi menyiratkan ketegasan, keberanian, dan kebulatan tekad di baliknya. Tema & konsep yang diungkap pada logo ‘Jogja Istimewa’ adalah tema kesederhanaan ‘wong cilik’ yang tetap berpegang pada tradisi. Nilai simbolik yang diungkapkan dalam logo ‘Jogja Istimewa’ merupakan kristalisasi simbol-simbol kebudayaan Jogja yang mempunyai banyak filosofi misalnya 9 Renaisance,Cokro Manggilingan, Hamemayu Hayuning Bhawana, dll. Kata kunci: Ikonologi-ikonografi, logo, city branding, Yogyakarta

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Industrial Engineering and Informatics > Visual Communication Design
Depositing User: Monica Revias
Date Deposited: 05 Jul 2018 18:46
Last Modified: 05 Jul 2018 19:20
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item