PENGEMBANGAN REST API UNTUK APLIKASI DESA BERSIH NARKOBA MENGGUNAKAN FRAMEWORK EXPRESSJS DENGAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN BANYUMAS)

Diptya, Bagus Sumantry (2024) PENGEMBANGAN REST API UNTUK APLIKASI DESA BERSIH NARKOBA MENGGUNAKAN FRAMEWORK EXPRESSJS DENGAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN BANYUMAS). Undergraduate Thesis thesis, Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas mempunyai tanggung jawab dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Banyumas dengan melaksanakan program Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar). Dalam melaksanakan kegiatan Desa Bersinar BNNK Banyumas masih melakukannya secara manual yaitu melakukan pengisian formulir yang masih menggunakan kertas, membentuk relawan anti narkoba dan penentuan kerawanan daerah rawan narkkoba yang belum tersistem. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis bertujuan mengembangkan backend dengan hasil Rest API untuk aplikasi desa bersih narkoba. Pengembangan Rest API akan menggunakan metode scrum dengan framework ExpressJs. Agar pengembangan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan maka akan dilakukan pengujian pada Rest API dengan whitebox testing dan blackbox testing. Sprint pertama dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 24 juli 2023 – 6 Agustus 2023 dengan 17 product backlog dan total story point planed 60 jam dengan story point actual 60 jam. Sprint Kedua dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 14 agustus 2023 – 27 agustus 2023 dengan 22 product backlog dan total story point planed 60 jam dengan story point actual 60 jam. Hasil dari setiap sprint menghasilkan Rest API dari setiap fitur yang akan dikembangkan. Story point planed dan story point actual akan menghasilkan burndown chart pada setiap sprint untuk melihat proses pekerjaan selama sprint. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan waktu yang direncanakan dan Rest API dapat diterapkan pada pengembangan frontend dan mobile untuk aplikasi desa bersih narkoba. Pengujian Performa dari Rest API pemetaan daerah rawan narkoba menghasilkan waktu 231,4 milisekon pada 100 data indikator. Kata Kunci: Narkoba, BNN, Desa Bebas Narkoba, Scrum, ExpressJS, Whitebox testing, Blackbox testing

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: repository staff
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:22
Last Modified: 30 Aug 2024 03:22
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item