ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI POINT OF SALE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Sinurat, Kristina Natasia (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI POINT OF SALE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING. Undergraduate Thesis thesis, Institut Telkom Telkom Purwokerto.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Kampoeng Wisata Nopia merupakan salah satu UKM yang fokus pada manajemen produksi dan penjualan produk home industri yang dikelola oleh pemiliknya masing-masing, industri ini memproduksi nopia mino. Pada UMKM proses penjualan masih dilakukan dengan penjualan manual, dan pengolahan data transaksi serta bukti transaksi masih menggunakan sistem konvensional, hal ini dikarenakan perhitungan total barang terjual dan laporan transaksi mengalami kesalahan atau tidak detail. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti akan merancang user interface (UI) dan user experience (UX) dari aplikasi mobile point of sale (POS) untuk menghasilkan prototipe dengan fidelitas tinggi. Perancangan yang dilakukan melibatkan UI/UX yang mempengaruhi tampilan menarik, kenyamanan pengguna dan kepuasan. Dalam perancangan menggunakan pendekatan design thinking yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini menunjukkan fokusnya pada pengalaman pengguna dan memahami kebutuhan pengguna mulai dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Perancangan aplikasi point of sale bertujuan untuk mempermudah pekerjaan sata penjualan dan bukti transaksi. Penelitian ini menggunakan metode SUS dengan skor sebesar 78,18 dengan Grade B untuk menentukan rating dalam pengalaman dan UEQ diperoleh untuk mengukur pengalaman pengguna dengan hasil skala daya tarik diperoleh hasil Baik 1,67; hasil skala kejelasan diatas rata-rata dengan nilai 1,71; skala efisiensi hasil Baik dengan nilai 1,67; hasil akurasi skala Baik dengan nilai rata-rata 1,53; skala stimulasi hasil diatas rata-rata dengan nilai 1,35; dan skala kebaruan hasil Baik sebesar 1,13.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: staff repository
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:00
Last Modified: 03 Jan 2024 06:00
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item