Halim, Qista and Dina, Rachmawaty and Encep, Fauzi Sidik (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kedai Kopi X di Kabupaten Tasikmalaya. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kedai Kopi X di Kabupaten Tasikmalaya, 2 (1). pp. 94-102.
Text (Jurnal)
Tabel Jurnal Encep.pdf Download (791kB) |
|
Text (Koresponden)
koresponden.pdf Download (456kB) |
|
Text (Plagiasi)
Jurnal_8_Encep.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan bisnis kedai kopi dipengaruhi oleh perkembangan sosial ekonomi masyarakat dan pergeseran gaya hidup. Kondisi inilah yang memacu untuk tumbuhnya kedai-kedai kopi dengan mengusung berbagai macam konsep dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen. Kedai kopi X merupakan salah satu kedai kopi yang berada di kabupaten Tasikmalaya yang termasuk dalam tahap perkembangan. Terjadinya penurunan jumlah konsumen di Kedai kopi X membuat usaha ini tidak mencapai target yang telah ditentukan dan semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen. Guna meningkatkan hal itu, perlu dilakukan analisis yang bertujuan dapat mengetahui kepuasan konsumen terhadap Kedai kopi X. Tingkat kepuasan konsumen dapat diukur dengan mengunakan instrumen dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan dari hasil penelitian dengan menggunakan metode CSI didapatkan hasil sebesar 36.12% yang berarti konsumen kurang puas terhadap pelayanan yang telah disuguhkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Faculty of Industrial Engineering and Design |
Depositing User: | Dina Rachmawati |
Date Deposited: | 08 Apr 2023 01:50 |
Last Modified: | 08 Apr 2023 01:50 |
URI: | http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/9350 |
Actions (login required)
View Item |