Pengenalan Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Game Edukasi dengan Metode Multimedia Development Life Cycle

Fathurifki Elvarianto Gamal, Gamal and Emi Iryanti, Iryanti and Tri Ginanjar Laksana, Laksana and Afandi Nur Aziz Thohari, Thohari (2018) Pengenalan Pahlawan Nasional Indonesia Melalui Game Edukasi dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. In: Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial technology, and Creative Media, 11 Agustus 2018, Grand Karlita, Purwoketo.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
Prosiding CENTIVE 2018 bidang Informatika.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri game dari masa ke masa mengalami perubaha yang signifikan dan menjadi daya tarik bagi semua kalangan anak-anak, remaja, serta orang dewasa ikut serta dalam memainkan game. Hal tesebut dibuktikan dengan sebuah survey bahwa responden dengan jenis kelamin laki-laki pada usia 21-35 tahun dengan persentase sebesar 26% sedangkan responden dengan berjenis kelamin perempuan diusia tersebut sebesar 21%. Usia 10-20 tahun dengan responden berjenis kelamin laki-laki sebesar 21% dan responden berjenis kelamin perempuan 15%. Genre paling sering dimainkan di Indonesia.Diposisi pertama game strategi sebesar57.7%, diposisi kedua permainan bergenre petualangan 54.2%, diposisi ketiga permainan bergenre aksi 49.4%, diposisi keempat dan kelima bergenre teka-teki dan olahraga 49.4% dan 45.0%. Sedangkan game bergenre edukasi atau pendidikan menempati diposisi 10 hanya sebesar 26.4%. Melihat hal tersebut mendorong untuk membuat sebuah aplikasi game yang bertujuan untuk edukasi terlebih mengenalkan Pahlawan Nasional Indonesia. Yang pengembangannya menggunakan pengembangan perangkat lunak dengan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang tahapannya berisi konsep, pengumpulan konten material, perancangan, uji coba sistem, dan distirbusi. Dari hasil penelitan game edukasi sejarah mendapat respon sangat setuju yaitu sebesar 82,7%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: edukasi, game, Multimedia, Development Life Cycle, Sejarah, Pahlawan Nasional
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Industrial Engineering and Informatics > Informatics Engineering
Depositing User: Mr. Afandi Nur Aziz Thohari
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:26
Last Modified: 04 Mar 2019 02:26
URI: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/5248

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item